Visi Magister Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Perdesaan
Menjadi pusat unggulan pendidikan, penelitian dan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang perencanaan pembangunan wilayah dan perdesaan wilayah tropika.


Misi
- Mengembangkan kemampuan peserta didik untuk memahami dan memecahkan masalah perencanaan pembangunan wilayah dan perdesaan.
- Memberikan sumbangan pemikiran dan/atau turut berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan wilayah dan perdesaan.
- Mengembangkan konsep perencanaan pembangunan wilayah dan perdesaan yang bersifat aplikatif dengan perspektif yang luas.

Tujuan
- Memahami interelasi dan interdependensi multidisiplin antar aspek biofisik- lingkungan, aspek ekonomi dan manajemen, aspek sosial budaya dan kelembagaan, aspek politik dan aspek tata ruang wilayah dan perdesaan dalam pembangunan wilayah dan perdesaan.
- Menguasai metodologi perencanaan pembangunan: konsep dasar dan teori, serta metode analisisnya.
- Memiliki wawasan yang luas dalam arti mampu melihat permasalahan dalam konteks perencanaan pembangunan wilayah dan perdesaan secara menyeluruh, memiliki integritas yang tinggi dan mampu menerapkan pemahamannya atas konsep-konsep dasar dan penguasaannya untuk memecahkan masalah-masalah riil di lapangan, khususnya yang berkaitan dengan pembangunan wilayah dan perdesaan yang berkelanjutan.


 
Visi Doktor Ilmu Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Perdesaan
Menjadi pusat unggulan pengembangan ilmu perencanaan pembangunan wilayah dan perdesaan wilayah tropika.


Misi
- Membekali mahasiswa program doktoral dengan kemampuan berfikir holistik dengan perspektif ekonomi,politik, sosial kelembagaan, kewilayahan dan lingkungan dalam memecahkan masalah pembangunan wilayah dan perdesaan.
- Berkontribusi dalam membangun paradigma baru pembangunan wilayah dan perdesaan, serta mendorong peserta didik untuk berfikir eksploratif dalam ilmu pengetahuan perencanaan wilayah dan perdesaan.
- Berkomitmen untuk mendorong pembangunan wilayah dan perdesaan yang adil dan berkelanjutan melalui pemikiran kritis, holistik dengan berpegang pada kesujanaan ilmu pengetahuan.

Tujuan
- Memahami interelasi, interaksi, dan interdependensi antara aspek fisik-biologi lingkungan, aspek ekonomi dan manajemen, aspek sosial budaya dan kelembagaan, aspek politik dan aspek tata ruang wilayah dan perdesaan dalam pembangunan wilayah dan perdesaan.
- Menguasai metodologi perencanaan pembangunanmutakhir: konsep dasar dan teori mutakhir, serta metode analisisnya.
- Memiliki kemampuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang perencanaan pembangunan wilayah dan perdesaansecara menyeluruh beserta dinamika yang menyertainya (system thinking), memiliki komitmen dan integritas profesional serta nilai etika,dan mampu menerapkan pemahamannya atas konsep-konsep dasar dan penguasaannya atas metodologi untuk memecahkan masalah-masalah riil di lapangan dan atau menyumbang terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya yang berkaitan dengan pembangunan wilayah dan perdesaan yang berkelanjutan.